Kondisi Terbaru David Korban Penganiayaan Mario Dandy: Belum Sadar Namun Respon Sudah Membaik

 


Korban kasus pengeroyokan yang dilakukan Mario Dandy Satriyo, Cristalino David Ozora, hingga Kamis siang, 2 Maret 2023, dikabarkan masih belum sadar. Namun, kondisinya dikatakan telah berkembang. Hal ini sudah disampaikan oleh sang ayah, Jonathan Latumahina pada akun Twitter pribadinya @seeksixsuck.

" Sebenarnya Memang belum sadar, Namun respon gerak, pendengaran dan juga penglihatannya sudah membaik luar biasa," uangkapnya ayah David pada Rabu malam, 1 Maret 2023. Sambil melampirkan foto David yang terbaring di RS Mayapanda, Jonathan mengungkapkan rasa terima kasihnya atas doa dan dukungan yang terus diberikan masyarakat luas kepada David.

“Terima kasih karena terus berdoa dan memberikan dukungan untuk David. Keadaan saat ini sudah jauh lebih baik, namun ikhtiar dhohir dan batin tetap dilakukan. Allah yang maha esa akan membalas kebaikan untuk kalian semua,” tambah Jonathan.

Dokter bedah ahli saraf dirumah sakit Mayapada, Gibran Aditiara Wibawa, mengatakan bahwa kondisi David korban pengeroyokan sudah melewati koma. “Ananda David telah keluar dari pernyataan koma. Waktu datang ke rumah sakit saya koma, tapi sekarang sudah benar-benar membaik, sudah keluar dari koma," kata Gibran saat jumpa pers di RS Mayapada Kuningan, Selasa, 27 Februari 2023.

Dalam kesempatan yang sama, dokter konsultan ICU RS Mayapada Kuningan, Franz J.V Pangalila mengatakan, David sudah tidak menggunakan ventilator untuk bantuan pernapasan sejak 3 hari lalu. “Sudah 3 hari yang lalu. Dia bernapas spontan, saat awal dirawat harus menggunakan ventilator,” jelas Franz.

Franz mengatakan kondisi David terus membaik dari hari ke hari. Hal ini didasarkan pada angka Glasgow Coma Scale (GCS), yaitu skala yang digunakan untuk mengetahui tingkat kesadaran seseorang. Franz menjelaskan, GCS David saat pertama kali dirawat berada di skala 4, jauh di bawah skala orang normal yang umumnya berada di skala 15.

Setelah 5 hari perawatan tingkat kesadaran David menunjukkan perbaikan. Untuk sekarang ini GCS David sudah berada pada angka 8 sampai 9. “Orang-orang seperti kami biasanya 15. Dan sekarang sudah mencapai 8 sampai 9, ini perkembangan yang sangat signifikan,” ujarnya terkait kondisi korban pelecehan Mario Dandy.

0 Komentar