5 Gunung Ini Cocok Bagi Pemula Seperti Kamu, lho!

5 Gunung Ini Cocok Bagi Pemula Seperti Kamu, lho!


Mendaki gunung merupakan hobi yang membawa banyak manfaat.  Lewat pendakian, bisa lebih sehat jasmani dan rohani.  Nah, bagi anda yang tertarik untuk melakukan hobi yang satu ini tentunya bukan sembarang mendaki ya!

Anda perlu mengetahui gunung mana yang ramah untuk pemula sebelum Mendaki Gunung dengan medan yang lebih sulit.  Berikut ini rekomendasi gunung yang wajib bagi anda daki untuk pemula, ya!

1. Gunung Papandayan, Garut

Jika Anda masih belum terbiasa mendaki dengan medan yang tinggi, ada baiknya Anda mencoba Gunung Papandayan. Gunung ini terletak di Jawa Barat. Selain datarannya yang rendah, Gunung Papandayan memiliki padang Edelweis dan hutan mati yang sangat instagramable.

Anda  juga tidak perlu takut kelaparan di tengah pendakian karena terdapat warung makan dan toilet di beberapa titik.

2. Gunung Panderman, Kota Batu

Terletak di kota Batu, Panderman merupakan gunung yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat latihan para pendaki pemula.  Ketinggian Gunung Panderman adalah 2.045 meter di atas permukaan laut.  Jalur gunung Panderman juga terbilang mulus dan jarang ada kendala sehingga Anda bisa leluasa mendaki dengan baik.

3. Gunung Ijen, Bondowoso

Destinasi pendakian Gunung Ijen terletak di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso.  Gunung ini memiliki api biru yang merupakan satu-satunya yang ada di Gunung Ijen.  Api biru inilah yang membuat banyak peneliti dan ahli geologi tertarik untuk meneliti.

Ketinggian Gunung Ijen tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 2.779 meter di atas permukaan laut dengan jalur yang mudah dilalui.  Destinasi Gunung Ijen ini sangat aman bagi anda yang pemula. Anda akan puas dengan pemandangan di Gunung Ijen.

4.Gunung Penanggungan, Mojokerto

Banyak yang mengatakan bahwa Gunung Penanggungan merupakan miniatur Gunung Semeru dengan medan pendakian yang lebih rendah.  Hanya 1653 mdpl, Anda bisa mendaki gunung ini.  Puncak Gunung Penanggungan merupakan dataran tandus dengan rute yang direkomendasikan untuk pemula.

5. Gunung Batur, Bali

Gunung Batur, Bali memiliki ketinggian sekitar 1.717 meter di atas permukaan laut.  Gunung ini, meski tinggi, sangat aman bagi pendaki pemula.  Butuh waktu sekitar dua jam agar bisa sampai ke puncak gunung.

Keunikan Gunung Batur, Bali adalah memiliki pemandangan padang rumput yang luas.  Langit malam Bali akan menambah kekhidmatan Anda saat camping di Gunung Batur.

Nah itulah beberapa gunung yang wajib anda daki bagi pemula dengan trek yang tak begitu rumit. Namun anda harus tetap berhati-hati dan juga selalu waspada. Jika anda masih khawatir anda bisa menggunakan jasa porter dan guide, semoga bermanfaat.

Sumber Referensi :  https://www.beautynesia.id/life/5-gunung-ini-cocok-untuk-pendaki-pemula-seperti-kamu-lho/b-177397/amp



0 Komentar