Inilah 5 Cara Efektif untuk Memulai Bisnis Toko Online

Inilah 5 Cara Efektif untuk Memulai Bisnis Toko Online



Sekarang memulai bisnis toko online lebih diminati oleh para pebisnis jalanan sekarang. Hal ini dikarenakan banyak yang merasa bahwa berjualan secara online lebih efektif dibandingkan dengan berjualan secara konvensional.

Karena menjual barang berbasis online dapat menghemat pengeluaran dibandingkan dengan  menyewa tempat untuk berjualan. Namun sebelum Anda memutuskan untuk berjualan online, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Berikut ini adalah cara efektif untuk memulai bisnis toko online Anda.

1.Perhatikan produk apa yang akan dijual

Ingat ada beberapa risiko yang akan terjadi ketika Anda menjual barang secara online, terutama dalam proses pengiriman. Ingat Anda juga harus mempertimbangkan apakah barang yang Anda jual akan aman ketika sampai di tangan pembeli.

Anda juga harus tahu kurir mana yang cocok untuk produk Anda. Misalnya, jika Anda menjual pakaian, menggunakan jasa kurir dengan pengiriman dua hari tentu akan aman. Namun lain halnya jika Anda menjual makanan yang tidak tahan lama.

Anda harus mencari kurir yang bisa mengantarkan makanan Anda dengan cepat dalam beberapa jam, sehingga saat sampai di tangan pembeli, rasa dan bentuk makanan tidak rusak dan tetap bisa dinikmati.

2.Tentukan Platform Penjualan Toko Online

Anda harus menentukan platform apa yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Dengan begitu Anda dapat mengembangkan strategi yang tepat untuk produk Anda.

Hal yang harus anda ingat adalah, Jangan sampai Anda berjualan di platform yang tidak sesuai dengan target pembelinya. Dan pastikan platform tersebut dapat memudahkan pembeli Anda.

Misalnya, jika Anda menjual barang elektronik yang harganya jutaan rupiah, Anda bisa memilih platform yang sudah menyediakan sistem pembelian pulsa.

3.Foto Produk Menarik

Karena Anda akan menjual produk secara online, lebih baik buat foto produk Anda semenarik mungkin. Hal ini dilakukan untuk menarik pembeli. Sebelum anda membuat foto produk, Anda bisa mencari contoh foto produk yang menurut Anda cocok untuk menarik pembeli.

Tidak ada salahnya menyalin konsep foto, tapi jangan lupa Anda harus memfokuskan foto pada produk Anda.

4.Berikan Promosi Berbentuk Reward

Siapa yang tidak tertarik dengan diskon, atau promo beli satu gratis satu. Dengan begitu, tentunya akan menarik pembeli, setidaknya mereka akan melihat produk Anda, tahu tentang merek Anda.

Ada beberapa orang yang tidak bisa menahan diri ketika mereka melihat atau mendengar tentang diskon.

5.    Perhatikan Kualitas Produk

Menjual barang secara online berarti pembeli hanya dapat melihat produk Anda dari foto dan dari informasi yang Anda berikan tentang produk tersebut. Jadi, Anda harus menjaga kepercayaan pelanggan anda dengan memperhatikan kualitas produk yang Anda jual. Menarik pelanggan tidak hanya dari platform Anda, bisa dari mulut ke mulut.

Ketika produk yang Anda tawarkan bagus dan tidak mengecewakan pembeli, memungkinkan pembeli Anda memberitahu rekan mereka untuk membeli produk yang Anda jual. Juga, ketika barang yang sampai di tangan pembeli tidak sesuai.

Jadi, bisa jadi nama brand Anda akan ternoda dan ini bisa merugikan Anda. Nah, itulah beberapa Tips yang bisa Anda jalankan ketika memutuskan untuk membuka bisnis toko online yang saat ini sangat populer di kalangan pebisnis.

0 Komentar