Bisnis Online Freelancer untuk Mahasiswa

 


NEWSTRANSINFO-Sebagai seorang mahasiswa, Anda pasti memiliki banyak kegiatan, seperti kuliah atau organisasi. Namun, Anda harus memiliki keinginan untuk bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Apalagi kalau uang yang dikasih orang tua pas-pasan, kamu pasti mau cari uang jajan tambahan dong.

Di tengah kesibukan Anda sebagai mahasiswa, Anda pasti memiliki waktu luang bukan? Nah, waktu luang ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan, salah satunya dengan bekerja sebagai freelancer.

Berikut adalah lima ide freelance untuk mahasiswa yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mendapatkan uang tambahan. Beberapa pekerjaan freelance ini tidak membutuhkan banyak modal.

1.    Writer

Selain itu, pekerjaan freelance ini tidak mengikat, sehingga tidak akan mengganggu waktu belajar Anda. Yuk, simak di bawah ini. Pekerjaan freelance pertama yang bisa Anda coba adalah menjadi content writer atau penulis konten lepas.

Bagi mahasiswa yang suka menulis, pekerjaan freelance ini sangat cocok untuk Anda. Di mana Anda dapat menulis skrip untuk orang yang membutuhkannya di internet. Anda bisa memanfaatkan situs-situs menulis lepas yang terbukti mampu membayar, seperti IDN Times, UC News, Geotimes, dan Voxpop.id.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi situs web freelancer untuk mencari pekerjaan menulis. Ada banyak sekali website freelancer terpercaya, seperti web Project.co.id, web Sribulancer, web freelancer, web Fiverr dan juga web UpWork.

2.    Visual Kreatif

Pekerjaan freelance berikutnya adalah menjadi seorang visual creative yaitu videographer, fotografer atau video editor. Nah buat kalian anak Multimedia atau Creative Digital Design, ini adalah pekerjaan freelance yang sangat menyenangkan buat kalian. Di mana Anda dapat membayar hobi yang Anda lakukan?

Untuk menjadi videografer pernikahan misalnya, dalam sehari Anda bisa mendapatkan bayaran Rp. 200.000 menjadi Rp. 2.000.000, tergantung seberapa besar acaranya. Untuk menjadi seorang fotografer seperti buku tahunan sekolah atau prewedding, Anda bisa mendapatkan sekitar Rp 500.000 hingga Rp 3.000.000.

Dan agar anda menjadi editor video konten, Anda bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 70.000 sampai Rp 500.000 per konten. Biasanya sih tergantung video editor dari agensi mana yang menggunakan jasamu, lumayan kan?

3.    Teacher

Bagi siswa yang cukup pintar dalam satu mata pelajaran, Anda bisa mengajar privat untuk anak SD, SMP, atau SMA. Bahkan, kini Anda juga bisa menjadi guru online dengan bergabung di beberapa platform pembelajaran online.

Saat ini banyak sekali platform pembelajaran online yang mengharuskan guru untuk mengajar secara online, anda bisa mencarinya di internet.

Pekerjaan freelance ini cukup mudah dilakukan, karena sangat fleksibel. Jadwal mengajar bisa kamu sesuaikan dengan waktu belajarmu, supaya tidak bentrok nantinya ya.

4.    Kreator

Buat kamu para mahasiswa kreatif, kamu bisa mencoba pekerjaan yang satu ini. yaitu menjadi konten kreator salah satunya konten kreator di Youtube. Di era digital saat ini, masyarakat banyak mengonsumsi konten dari berbagai platform.

Nah, kesempatan ini bisa kamu manfaatkan dengan mencoba membuat konten di Youtube. Meski tidak semudah itu, Anda langsung mendapatkan iklan sebagai pembuat konten. Mungkin juga Anda akan melalui fase dengan jumlah pelanggan dan pemirsa tertentu.

Tapi tidak ada salahnya menjalankannya dulu dan tidak fokus pada uang. Karena nantinya uang akan mengikuti Anda sendiri ketika Anda sudah membuat konten yang bagus dan berkualitas.

5.    Jualan Pulsa

Pekerjaan freelance terakhir yang bisa Anda coba adalah berjualan pulsa. Kami tahu pasti bahwa setiap orang membutuhkan pulsa, kuota atau token listrik. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menghasilkan uang tambahan dengan menjual pulsa. Anda bisa menjual pulsa ke teman kampus Anda.

Anda dapat bekerja sama dengan distributor pulsa atau menyediakan aplikasi digital untuk membeli pulsa dengan cepat, dengan biaya administrasi yang ringan. Kalau kamu mau mencoba pekerjaan yang satu ini, kamu harus bisa nolak temen kamu yang mau ngutang ya. Jangan sampai Anda malah jadi merugi karena seringnya hutang teman Anda.

Itulah 5 ide kerja freelance untuk mahasiswa yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang tambahan. Mulai saat ini, bukan lagi saatnya mahasiswa hanya kuliah dan mengikuti organisasi.

Namun siswa harus bisa mandiri untuk mencari penghasilan tambahan guna membantu meringankan beban orang tua. Buat kalian para mahasiswa, tetap semangat ya?

 

 

0 Komentar