PELUANG BISNIS TAHUN 2023

 


Jelang akhir tahun, konsultan saya kembali hadir dengan berbagai ide bisnis yang bisa Anda coba untuk tahun 2023. Yuk simak 6 ide bisnis berikut ini, jangan lewatkan kesempatannya!

6 Ide Bisnis 2023

1.    Bisnis laundry kiloan

Salah satu bisnis yang selalu memiliki peluang bagus di pasar adalah bisnis laundry kiloan. Apalagi jika Anda tinggal di kota besar yang terkenal dengan mobilitas tinggi dan aktivitas sehari-hari yang cukup padat.

Jasa cuci dan setrika ini menjadi pilihan sebagian besar orang untuk memastikan mereka tetap memiliki pakaian bersih setiap hari. Bisnis laundry ini bisa menjadi pilihan bisnis yang sangat menguntungkan bagi Anda, dengan modal Rp 10 juta dan keuntungan bersih Rp 3 juta setiap bulannya.

Meski terkesan tidak biasa, Anda tidak perlu khawatir untuk memulai bisnis laundry ini. Anda memulai laundry kiloan di era yang sangat berteknologi maju, sehingga banyak kemudahan yang bisa Anda manfaatkan.

2.    Ide bisnis catering anak

Menjelang akhir tahun 2022, kebijakan pembatasan fisik kini cukup longgar. Para pekerja mulai pergi ke kantor. Anak sekolah kini diharuskan melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah.

Dengan kesibukan orang tua yang kini harus bekerja di kantor (work from office), muncul kekhawatiran terhadap menu makan siang anaknya di sekolah. Oleh karena itu, membuka usaha catering untuk anak sekolah merupakan ide yang bagus.

Bagi Anda yang hobi memasak, ide bisnis ini layak untuk dicoba. Anda juga bisa memasak berbagai varian menu untuk dijual dan berkreasi dengan membuat paket catering.

3.    Usaha paket catering diet

Selain catering untuk anak sekolah, ide bisnis catering paket diet juga memiliki peluang yang terbuka lebar. Hal ini disebabkan meningkatnya permintaan akan makanan siap saji yang lezat dan sehat.

Seringkali ada kasus di mana seseorang merasa bahwa ia harus memenuhi nutrisi hariannya melalui makanan sehat, tetapi tidak tahu cara memasaknya atau di mana menemukannya.

Maka, layaknya pahlawan, Anda dengan bisnis catering diet pun menawarkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Agar konsumen dapat menikmati makanan sehat, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut.

4.    Jasa digital marketing

Di masa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat ini, tak heran jika banyak kegiatan pemasaran dan penjualan yang beralih ke platform digital. Beberapa aplikasi yang sering dijadikan saluran pemasaran antara lain TikTok, YouTube, Instagram, WhatsApp, dan Twitter.

Melalui digital marketing, Anda dapat meningkatkan engagement dan brand awareness terhadap bisnis yang Anda jalankan. Selain lebih hemat dibandingkan strategi pemasaran konvensional, kinerja pemasaran digital juga dapat dipantau lebih efektif melalui hasil engagement media sosial.

5.    Layanan Penulis UI/UX

Akhir-akhir ini, pertumbuhan mobile apps meningkat secara signifikan. Berdasarkan data Itech-Adjust, pada tahun 2020 diketahui aplikasi mobile mengalami peningkatan sebesar 50%. Data terbaru kuartal pertama 2021, mobile app tercatat masih menorehkan prestasi gemilang dengan pertumbuhan 31%.

Melalui pertumbuhan ini, dapat disimpulkan bahwa pasar aplikasi seluler sangat diminati. Tak heran, layanan UI/UX Writer untuk memenuhi kebutuhan pembuatan aplikasi yang user-friendly juga dibanjiri project.

Perkembangan mobile apps dalam tahun terakhir ini dapat dilihat sebagai peluang bisnis. Jika Anda suka menulis dan memiliki ketertarikan pada hal-hal digital, membuka bisnis jasa Writer UI/UX (User Interface/User Experience) bisa menjadi pilihan yang menarik.

6.    Bisnis online dropship

Bisnis dengan model dropship tidak pernah sepi peminatnya. Bagaimana bisa? Model bisnis ini memungkinkan seseorang untuk menjual produk tanpa modal dan tanpa menimbun barang. Sangat menarik, bukan?

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis dropship, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari supplier yang membuka bisnis dropship. Setelah menemukan pemasok dan produk yang cocok, barulah Anda bisa mulai menerapkan strategi pemasaran untuk menarik pelanggan.

Dalam sistem dropship, Anda berperan sebagai “penghubung” antara customer dan supplier. Pelanggan memesan barang dan membayar pesanan melalui Anda, lalu Anda meneruskan pesanan ke pemasok. Pihak yang akan menyiapkan dan mengirimkan pesanan ke pelanggan adalah pemasok. Pesanan tentu saja dikirim atas nama Anda sebagai dropshipper.

 

 

0 Komentar